Connect with us

KULON PROGO

Chef Muto Terkesan Dengan Singkok dan Seafood Kulon Progo

Published

on

TEMON – Chef Muto terkesan dengan kreasi-kreasi kuliner seefood yang dipadukan dengan singkong saat menjadi juri pada gelaran Menoreh Food Festifal (MFF) 2022 yang digelar oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo di Plaza Kuliner Pantai Glagah, Sabtu (21/5/2022). Tak hanya menghadirkan Chef Muto, gelaran lomba masak ini yang diikuti 30 peserta ini juga turut menghadirkan Chef Marinka sebagai juri.

Chef Muto mengatakan menu yang disajikan para peserta sangat menarik dengan rasa yang juga enak meskipun berbahan dasar singkong yang digabung dengan seafood.

“Menunya enak-enak semua, hanya saja mereka masih kurang dengan platingan, kombinasi antara makanan matang dan mentah itu seperti apa, itu kekurangannya, tapi untuk rasanya real banget bahkan ada yang bikin inovasi yang menarik banget dan hanya saya kasih masukan agar lebih bagus lagi,” kata Muto.

Menurut Muto nantinya event ini akan menghasilkan menu yang istimewa yang berciri khas Kulon Progo. Hal ini akan menjadi daya tarik wisata dari luar kota maupun luar negeri untuk datang menikmati menu-menu yang berbeda.

“Silahkan datang ke Jogja ke Kulon Progo cicipi kuliner yang ada disini,” ajak Muto.

Selaku penyelenggara Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo Joko Mursito mengatakan event ini merupakan tahun kedua digelarnya Menoreh Food Festifal. Pada tahun ini digelar dengan konsep berbeda dengan membatasi bahan dasar masakannya yang pada tahun sebelumnya dibebaskan.

“Kalau tahun lalu kita bebaskan peserta, namun untuk tahun ini kita batasi dengan dengan tema pariwisata pantai selatan dengan potensi seafoodnya, dan dipadukan dengan singkong yang merupakan simbol pangan lokal Kulon Progo, Kata Joko.

Para peserta sendiri merupakan para calon pedagang yang akan menempati Plaza Kuliner. Menurut Joko hal ini juga menunjukkan kesiapan Plaza Kuliner menjelang diaktifkan serta dibuka untuk umum dalam waktu dekat.

“Harapannya juga di Plaza Kuliner ini menjadi momentum penting yang selanjutnya akan diaktifkan, ini menunjukkan kesiapan kita dalam pembukaan sejalan dengan pelonggaran aktifitas kegiatan dampak covid-19,” terang Joko.

Sementara itu Bupati Kulon Progo Sutedjo mengatakan event ini diharapkan akan mem-branding kuliner unggulan yang ada di Kulon Progo dan menjadi menu lokal unggulan di setiap obyek wisata di Kulon Progo. Selain itu diharapkan juga menumbuhkan kembali potensi bisnis kuliner di masyarakat, serta meningkatkan pelayanan usaha jasa pariwisata bidang kuliner yang beberapa waktu yang lalu mengalami kelesuan akibat pandemi Covid 19.

“Kita ketahui bersama bahwa dalam pariwisata, wisata kuliner adalah salah satu unsur daya tarik wisata bagi para wisatawan. Wisatawan akan niteni kuliner yang pas di lidah, suasana tempat makannya juga nyaman, serta harganya juga pas. Bahkan saat ini, sudah menjadi trend di masyarakat, mereka akan melakukan kunjungan wisata hanya khusus untuk mencicipi makanan di suatu daerah,” kata Sutedjo

Acara ditutup dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba. Terbaik I RM Citra Sari, terbaik II RM Pandan Sari, terbaik III RM Selera Baru Catering, terbaik IV RM pondok dhahar bu ambar, terbaik V RM kedai mamak kula, terbaik VI RM Pandan Arum. (kulonprogokab.go.id)

Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 Jogjaterkini.com