YOGYAKARTA – Soft launching gedung Grha Padmanaba sumbangsih alumni SMAN 3 Yogyakarta dilaksanakan Sabtu (7/5) di SMAN 3 Yogyakarta. Gedung berlantai tujuh ini rencananya akan digunakan untuk menunjang kegiatan siswa. Keluarga besar alumni Padmanaba membangun gedung ini dengan dana Rp 16,9 Miliar setelah melalui perencanaan panjang dan menyesuaikan aturan kawasan cagar budaya Kotabaru.

Koordinator relawan pembangunan Grha Padmanaba Trianto menjelaskan bahwa proses perencanaan dan pembangunan gedung memakan waktu hingga 10 tahun, serta mengalami 4 hingga 5 kali perubahan desain. Hal ini dikarenakan bangunan SMAN 3 Yogyakarta yang juga sebagai cagar budaya.

“Gedung kita yang pertama direncanakan sebetulnya tidak seperti ini, jauh lebih bagus, lebih modern dan green building. Tapi ternyata aturannya di Kotabaru tidak sama,” jelas Trianto.

Gedung setinggi 7 lantai tersebut nantinya akan digunakan untuk menunjang kegiatan siswa. Di antaranya adalah ruang kelas, laboratorium, perpustakaan digital, ruang pertemuan dan pertunjukan serta ruang workshop kegiatan ekstrakurikuler.

Sementara itu, Kepala SMAN 3 Yogyakarta Kusworo  mengucapkan terima kasih kepada para alumni yang berhasil membangun dan memberikan Grha Padmanaba.

“Saya teringat kembali ketika tahun 2012 pertama kali kami dari sekolah berkeluh kesah kepada alumni tentang kekurangan sarana dan prasarana. Saya kira ini doa dari Bapak Ibu alumni yang pengabdiannya tulus kepada sekolah sehingga keinginan untuk membangun sekolah itu bisa terwujud,” tambahnya.

Ketua Keluarga Besar Alumni Padmanaba, Hendri Saparini mengungkapkan bahwa pembangunan Grha Padmanaba adalah bentuk janji nyata alumni terhadap almamater.

“Janji kita bahwa kita akan melakukan sesuatu yang riil terhadap almamater dan kita melakukan hal yang baik tidak hanya untuk diri kita sendiri tetapi untuk kepentingan orang banyak,” ujarnya.

Selanjutnya, Gedung Grha Padmanaba secara formal akan diserahkan kepada Pemda DIY. Nantinya, pemeliharaan Grha Padmanaba akan dibebankan pada APBD Pemda DIY. (jogjakota.go.id)