Connect with us

GUNUNG KIDUL

Kalurahan Bendung Semin yang Diusulkan Sebagai Rintisan Desa Budaya Gelar Pameran Dalam Daerah

Published

on

GUNUNG KIDUL – Dengan diusulkanya Kalurahan Bendung sebagai rintisan kalurahan budaya, dapat meningkat menjadi desa budaya sehingga dapat mengakses dana keistimewaan, hal tersebut diungkapkan Bupati Sunaryanta saat hadir dalam kegiatan kunjungan pameran UMKM rintisan kalurahan budaya, Jumat (6/5).

Kalurahan Bendung Semin yang pada kesempatan ini di usulkan sebagai rintisan desa budaya menggelar pameran dalam daerah sekaligus sebagai ajang temu kangen Ikatan Keluarga Gunungkidul (IKG) dan Ikatan Keluarga Semin (IKS) mendukung kebangkitan ekonomi masyarakat bekerjasama dengan dinas koperasi UMKM dan tenaga kerja.

Lurah Bendung Didik Rubiyanto menyampaikan bahwa dalam kegiatan pameran produk UMKM yang di laksanakan bertepatan pada bulan syawal sekaligus sebagai ajang silaturahmi ini berharap kegiatannya berdampak pada meningkatkan ekonomi masyarakat selain sebagai upaya mempromosikan berbagai jenis produk usaha masyarakat.

Dalam rangka mewujudkan pembangunan Gunungkidul, 10 lurah di Kapanewon Semin bertanggung jawab dan mengawal kebijakan pemerintah daerah dan tidak akan terpengaruh oleh isu-isu penghambat pembangunan Gunungkidul baik pembangunan di perkotaan maupun di pedesaan dan perbatasan.

Bupati Sunaryanta dalam kesempatan tersebut mengatakan dengan dana keistimewaan untuk pamanfaatannya dapat di akses dengan 2 cara baik melalui politis maupun birokrasi.

“Selain itu untuk menyongsong perkembangan pembangunan Gunungkidul kedepanya di butuhkan penguatan sektor pertanian dan peternakan juga UMKM yang mampu bersaing di pasar modern. Pertumbuhan ekonomi 5 % lebih Kabupaten Gunungkidul yang sudah semakin baik juga harus di apresiasi dan di pertahankan” tutur Bupati

Sementara itu Aris Suprobo ketua 1 harian IKG secara singkat mengapresiasi dan dapat di lanjutkan
Berharap kerjasama antara IKG dan IKS dapat lebih di tingkatkan sehingga dapat membantu kemajuan di Gunungkidul.
Dengan hadirnya warga perantau dan peredaran uang di Gunungkidul ini mampu menjadi daya ungkit dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat khususnya seperti UMKM ini.

Kegiatan tersebut juga di laksanakan senam sehat yang di ikuti Hj.Diah Purwanti Sunaryanta. (gunungkidulkab.go.id)

Copyright © 2022 Jogjaterkini.com