YOGYAKARTA – Pemerintah Kota Yogyakarta menyelenggarakan sebuah acara bertajuk “Untukmu Jogja” yang didedikasikan sebagai malam apresiasi untuk Walikota dan Wakil Walikota (Wawali) Yogyakarta periode 2017-2022. Sekaligus menyambut Penjabat (Pj) Walikota Yogyakarta yang baru pada Minggu (22/5) di Halaman Air Mancur Balai Kota.

Masa kempemimpinan Walikota Haryadi Suyuti dan Wawali Heroe Poerwadi secara resmi telah berakhir dan digantikan oleh Pj Walikota Yogyakarta Sumadi yang secara resmi dilantik oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X pada Minggu Pagi di Bangsal Kepatihan. Surat Keputusan pelantikan mengacu pada Keputusan Menteri Dalam Negeri RI No 131.34-1176 tahun 2022 tentang Pengangkatan Penjabat Walikota.

Pj Walikota Sumadi sebelumnya menjabat sebagai Asisten Sekda DIY bidang Pemerintahan dan Administrasi Umum. Selama kurang lebih satu tahun ke depan, Sumadi akan memimpin Kota Yogyakarta hinnga pelaksanaan Pemilihan Kepada Daerah Serentak pada 2024.

Untukmu Jogja dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya beserta jajarannya, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Pimpinan Dewan, Kepala OPD beserta jajarannya, BUMD, Mantri Pamong Praja, Lurah, Organisasi dan Komunitas, beserta Rekan Media.

Gelaran Untukmu Jogja dibuka dengan musik keroncong, tarian, dan dramatari dari seniman muda Kota Yogyakarta. Kemudian pemutaran video kepemimpinan dan ucapan terima kasih kepada Walikota dan Wakil Walikota Yogyakarta periode 2017 – 2022.

Dalam sambutannya Aman Yuriadijaya mewakili Pemerintah Kota Yogyakarta menyambut dengan baik dan siap untuk bekerja bersama Pj Walikota Yogyakarta membangun Kota Yogyakarta untuk menambah kembali torehan prestasi dan terus bertumbuh dengan progresif. Selain itu Aman juga memberikan apresiasi pada Haryadi Suyuti dan Heroe Poerwadi yang sudah menjalankan kepemimpinannya selama lima tahun dalam versi terbaiknya.

“Kami siap bekerja bersama dengan Pj Walikota Bapak Sumadi untuk bersinergi dengan OPD, kemantren, kelurahan, dan seluruh masyarakat untuk menjadikan Kota Jogja terus menjadi lebih baik dan terbaik. Tidak lupa kami ucapkan terima kasih banyak atas karya Bapak Haryadi dan Bapak Heroe semasa periode jabatannya,” jelasnya.

Pj Walikota Sumadi dalam perkenalannya menyampaikan bahwa amanah yang diemban untuk memimpin Yogya selama kurang lebih satu tahun ke depan adalah satu hal yang sangat disyukuri dan juga dijadikan momentum berkarya untuk memberikan yang terbaik kepada Kota Yogyakarta.

“Kota Jogja ini adalah tanah yang ditakdirkan, dalam arti ditakdirkan untuk dicintai dan dirindukan banyak orang. Termasuk saya yang akan menjadikan kesempatan ini untuk menjadikan Jogja makin dicintai dan dirindukan. Terima kasih atas kepercayaan dan amanah ini,” pungkasnya.

Di sisi lain Haryadi Suyuti dan Heroe Poerwadi juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kerjasama yang dijalin selama lima tahun dengan semua pihak dalam memajukan Kota Yogyakarta dengan segala dinamika yang terjadi selama masa kepemimpinannya.

“Terima kasih banyak kami ucapkan dan mohon maaf atas salah atau khilaf selama kami menjabat. Kami merasa sangat bersyukur hingga masa kepemimpinan ini berakhir, Jogja tidak pernah kehabisan cinta. Jogja ini adalah kota kita semua, mari terus tumbuhkan cinta untuk menjadikan Jogja terus jadi yang terbaik,” pungkas Haryadi.

Sejalan dengan itu, Heroe Poerwadi juga menyatakan bahwa Jogja adalah kota yang sering menjadi sorotan. Maka dari itu tidak heran banyak pujian dan juga saran ataupun kritik agar Jogja menjadi yang terbaik.

Secara simbolis pada acara “Untukmu Jogja” Pj Walikota Yogyakarta memberikan kenang-kenangan berupa buku kepada Walikota dan Wakil Walikota Yogyakarta periode 2017 – 2022. Acara juga dimeriahkan oleh Ndarboy Genk yang turut mengajak Pj Walikota Sumadi beserta Ibu Suni Fatmah, Haryadi Suyuti beserta Ibu Tri Kirana Muslidatun, dan Heroe Poerwadi beserta Ibu Poerwati Soetji Rahajoe untuk ikut menikmati sajian musiknya ke atas panggung.

Malam apresiasi Untukmu Jogja ditutup dengan seremonial Pj Walikota Yogyakarta, Walikota dan Wakil Walikota Yogyakarta periode 2017 – 2022 beserta rombongan berjalan ke Grha Pandhawa. Kemudian menuju mobil dengan iring-iringan dari Dinas Pehubungan Kota Yogyakarta untuk menghantarkan ke kediaman masing-masing. (Jogjakota.go.id)