Connect with us

SLEMAN

Wabup Sleman Apresiasi Upacara Wiwitan Padukuhan Mutihan

Published

on

SLEMAN – Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, menghadiri upacara prosesi wiwitan serta kirab budaya yang diadakan oleh masyarakat di Padukuhan Mutihan, Madurejo, Prambanan, Kamis (5/5). Danang dalam sambutannya mengapresiasi sekaligus berterimakasih kepada warga masyarakat setempat, khususnya Kelompok Tani Eko Mulyo, yang telah menginisiasi acara wiwitan tersebut. “Ini adalah tradisi nenek moyang kita yang harus kita lestarikan bersama,” ujarnya.
Lebih lanjut Danang menyebutkan bahwa acara wiwitan ini merupakan tradisi sebagai ungkapan syukur masyarakat atau petani saat hendak melakukan panen padi. Upacara wiwitan yang sudah mulai tergerus oleh zaman ini, diharapkan bisa tetap dilestarikan kembali. “Harapan saya acara wiwitan di Madurejo ini nantinya bisa dijadikan contoh oleh daerah lainnya,” kata Danang.
Hal yang sama juga disampaikan oleh ketua Kelompok Tani Eko Mulyo, Widodo. Menurutnya upacara wiwitan ini merupakan cara para petani untuk bersyukur kepada sang pencipta. Upacara ini menurutnya juga merupakan harapan serta doa para petani agar selalu diberikan hasil panen yang baik nantinya. “Dulu sekitar tahun 1961-1963 ada kekeringan sehingga petani tidak bisa menghasilkan. Lalu setelah itu ada hama tikus dan wereng juga. Kemudian setelah itu para petani memohon kepada Tuhan YME agar tanamannya bisa bagus, maka dilakukan upacara wiwit,” jelasnya.
Widodo juga menerangkan bahwa kegiatan ini merupakan implementasi dari Dana Istimewa Pemerintah DIY. Menurutnya, kegiatan ini telah dilakukan sebanyak tiga kali, namun sempat terhenti beberapa waktu akibat pandemi Covid-19. Ia juga berterimakasih kepada semua pihak, baik dari Pemerintah DIY, Pemkab Sleman, dan lainnya, yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan tersebut. (slemankab.go.id)

Copyright © 2022 Jogjaterkini.com