Connect with us

YOGYAKARTA

Wagub DIY : Tour Of Duty Penting Untuk Memelihara Dinamika Organisasi

Published

on

YOGYAKARTA – Tour of Duty adalah wahana memelihara dinamika gerak maju menuju ke tataran yang lebih kualitatif, sekaligus momentum stick proof, evaluasi misi dan tugas yang telah dijalankan. Untuk itu, bisa dikatakan pergantian jabatan merupakan hal yang sangat penting bagi kelangsungan suatu instansi ataupun organisasi.

Demikian disampaikan Wagub DIY KGPAA Paku Alam X pada Pisah Sambut Komandan Korem 072/PamungkasJumat (13/05) di Makorem 072/Pamungkas, Yogyakarta. Brigjen TNI Puji Cahyono menjabat sebagai Komandan Komando Resort Militer (Danrem) 072/Pamungkas, menggantikan Danrem sebelumnya, Brigjen TNI Afianto. Brigjen TNI Puji Cahyono sebelumnya menjabat sebagai Irops Itum Itjenad. Uniknya, seperti bertukar posisi, Brigjen TNI Afianto akan mengemban tugas baru menggantikan Sang Danrem baru di posisi lamanya yaitu Irops Itum Itjenad.

Sri Paduka mengungkapkan, Daerah Istimewa Yogyakarta seperti layaknya laboratorium ilmu dan lahan pengalaman. Hal ini karena segala permasalahan yang kompleks ditemukan di sini. DIY laksana miniatur Indonesia yang menjadi tempat bertemunya berbagai budaya yang dibawa oleh para pendatang. Untuk itu, perlu adanya kemampuan dan keahlian serta pendekatan khusus bagi siapaun pejabat yang bertugas di DIY untuk bisa melaksanakan ketugasan dengan baik.

Danrem memiliki peran penting untuk menegakkan stabilitas keamanan di suatu daerah. Pun sebaliknya, Danrem juga berperan penting dalam  mencairkan kesan, bahwa TNI adalah institusi yang ditakuti dan berdisiplin kaku. “Penting menunjukan disiplin menjadi bukan harga mati dan diberi ruh dinamika, serta kesan menakutkan berubah menjadi disegani, dihormati, dan bahkan TNI menjadi mitra masyarakat. Itulah seni kepemimpinan TNI yang harus dikembangkan, baik oleh pejabat lama di tempat lain, maupun pejabat baru yang ditugaskan di kota ini,” kata Sri Paduka.

Kepada Brigjen TNI Puji yang menjabat Danrem baru, Sri Paduka berpesan agar mampu meneruskan perjuangan para pendahulunya. Menjadikan TNI yang menjalin kerjasama dengan Polda serta jajaran Forkopimda yang lain sebagai tulang punggung bagi keamanan, kenyamanan, dan kesejahteraan masyarakat DIY. Proses dialogis dan partisipatif yang telah diletakkan oleh pendahulunya dapat dipelihara dan dikembangkan, sehingga tetap terjamin kondisi keamanan yang dinamis-terkendali dan berkelanjutan. Hingga pada gilirannya, akan tercipta pula, iklim yang kondusif dalam menunjang proses pemulihan sosial-ekonomi pasca pandemi Covid-19.

“Kami juga berharap, agar Brigjen Puji tidak segan-segan untuk melakukan dialog, komunikasi dan koordinasi dalam rangka menunaikan misi dan tugas pengabdian bersama bagi masyarakat Yogyakarta,” tutur Sri Paduka.

Kepada Brigjen TNI Afianto, Sri Paduka mengungkapkan rasa terimakasih dan apresiasi atas kinerja gemilang saat memimpin Korem 072/Pamungkas. Atas nama  pribadi juga mewakili Pemerintah Daerah dan warga Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Paduka mengungkapkan rasa terima kasih yang tulus dan penghargaan yang tinggi karena telah memberikan kontribusi terbaiknya bagi Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Selamat datang dan selamat jalan kepada masing-masing pejabat, dengan harapan, agar pesan itu dapat diaktualisasikan di pos tugas masing-masing,” tutup Sri Paduka.

Brigjen TNI Afianto pada kesempatan tersebut meminta pada Danrem baru untuk meneruskan perjuangan selama bertugas di DIY. DIY baginya merupakan daerah dengan kesan tersendiri yang tidak akan pernah terlupa. Dengan keunikannya, terutama kekayaan budaya, Brigjen TNI Afianto mengaku akan selalu mengenang DIY sebagai rumah kedua.

“Saya mohon semua yang disini harus mencintai Jogja, kita tidak boleh lelah untuk mencintai Jogja. Tempat ini akan selalu dirindukan semua orang dan menjadi tujuan.  Sekali lagi saya ucapkan terima kasih dan mohon doa restu bersama istri untuk melaksanakan kegiatan dan semoga amanah di tempat yang baru,” ungkapnya.

Menimpali hal tersbut, Brigjen TNI Puji Cahyono mengatakan akan siap meneruskan perjuangan Brigjen TNI Afianto. Dirinya berjanji akan selalu terbuka bekerjasama dengan Forkopimda DIY untuk mengabdi seenuh hati kepada DIY.

“Saya sangat terbuka untuk bisa saling berdiskusi demi kemajuan DIY. Mohon doa semoga saya dapat melaksanakan tugas tanggung jawab sebagai komandan Korem ini. Mohon terima kami sekeluarga untuk bisa mengabdi di sini,” tutupnya. (jogjaprov.go.id)

Copyright © 2022 Jogjaterkini.com