Connect with us

Ragam

Jabar Kembali Jadi Tuan Rumah FEALAC Youth Summit

Published

on

Jabar Kembali Jadi Tuan Rumah FEALAC Youth Summit

KOTA BANDUNG — Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membuka Forum of East Asia – Latin America Cooperation (FEALAC) Youth Summit 2023 di Gedung Sate Bandung, Ahad (9/7/2023). FEALAC Youth Summit digelar di Kota Bandung, 9 – 13 Juli 2023.

FEALAC Youth Summit digelar atas prakarsa Kementerian Luar Negeri RI. FEALAC 2023 mengundang 38 delegasi dari 16 negara Asia timur dan Amerika latin yang diagendakan akan mengikuti beberapa rangkaian agenda summit.

Menurut Gubernur, pemuda dari dua benua berpartisipasi di FEALAC pun membahas masa depan, yakni krisis lingkungan hidup dan iklim. FEALAC memberikan kesempatan bagi pemimpin muda untuk berkolaborasi, belajar, dan mengusulkan aksi iklim konkret untuk negara masing-masing.

“Saya sudah melakukan survei ke mana-mana, Gen Z ini ternyata memikirkan betul masa depan yang semakin tidak terprediksi,” ujar Ridwan Kamil usai menghadiri Opening Ceremony FEALAC Youth Summit 2023 ‘Contribution For Climate Actions’ di Aula Barat Gedung Sate.

“Karena isu iklim ini seperti COVID-19 juga, yang merupakan isu global maka penting calon-calon pemimpin di negaranya ini duduk bersama saat energi muda mereka sedang luar biasa,” tambah Ridwan Kamil.

Gubernur berharap dalam FEALAC Youth Summit para delegasi mampu mengampanyekan kesepakatan bersama dalam aksi-aksi mitigasi kebencanaan dan mitigasi perubahan iklim di negara masing-masing.

“Kita juga berharap mereka membawa oleh-oleh deklarasi ini ke negara masing-masing, melobi secara politik untuk kebijakan, melakukan aksi di level komunitas dan akhirnya kita memanen gerakan-gerakan yang sama,” harapnya.

FEALAC, kata Gubernur, menjadi salah satu kontribusi Pemdaprov Jabar dalam berdiplomasi dengan negara lain. Dalam FEALAC, para pemuda akan datang ke kampung-kampung mengidentifikasi isu-isu lingkungan, inovasi, bank sampah, serta ikut menanam di lahan-lahan kritis.

“Kemudian menyaksikan permasalahan Jawa Barat mungkin juga mewakili permasalahan di negara mereka masing-masing. Sehingga tidak hanya diskusi di ruangan tapi juga akan berinteraksi dengan masyarakat,” kata Ridwan Kamil

Direktur Jenderal Amerika Eropa Kementerian Luar Negeri Umar Hadi, mengatakan pelaksanaan FEALAC Youth Summit 2023 di Bandung bukan hanya di tahun ini tapi sebelumnya pun sudah. Ada beberapa hal yang menjadikan Jawa Barat khususnya Bandung kembali menjadi tuan rumah forum ini.

Pertama, karena kepemimpinan Jawa Barat dalam hubungan dan kerja sama luar negeri khususnya untuk para pemuda baik. Kedua, tema FEALAC adalah aksi iklim jadi aksi nyata untuk menghadapi isu-isu perubahan iklim.

“Karena di Jawa Barat dampaknya sudah terasa dan prakarsa untuk mengatasinya juga sudah banyak. Jadi ini bisa semacam laboratorium untuk teman-teman, anak-anak muda di negara-negara Asia timur dan Amerika latin,” harap Umar Hadi.

Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 Jogjaterkini.com